Soal dan Jawaban - Soal Bahasa Indonesia Kelas 11


SMAN 03 PONTIANAK
BAHASA INDONESIA
Erika Noviana Dewi

XI IPS 1
12/12/17





1.           Mencuci pakaian merupakan kegiatan rutinitas yang biasa dilakukan sehari-hari. Kegiatan seperti ini harus diperhatikan agar pakaian yang dicuci menjadi benar-benar bersih dan tidak rusak akibat kesalahan-kesalahan pemakai. Berikut ini, langkah-langkah cara mencuci pakaian menggunakan mesin cuci dengan benar.
Paragraf di atas merupakan struktur teks prosedur bagian . . . .

A.    Tujuan
B.     Kesimpulan
C.     Argumentasi
D.    Pernyataan umum
E.     Langkah-langkah

Alasan :  
Struktur teks prosedur terbagi menjadi 3, yaitu tujuan,material, dan langkah-langkah.
(1). Bagian tujuan, berisi tujuan dari pembuatan teks prosedur tersebut atau hasil akhir yang akan dicapai (dapat berupa judul).
(2). Bagian material, berisi informasi tentang alat atau bahan yang dibutuhkan, namun tidak semua teks prosedur terdapat bagian ini (umumnya terdapat dalam resep masakan).
(3). Bagian langkah-langkah, berisi cara-cara yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bagian ini biasanya tidak dapat diubah urutannya.
Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah A, karena teks tersebut terdapat tujuan dari mencuci pakaian.

2.           Pertama, tentu Anda harus mencuci terlebih dahulu. Memasukkan pakaian-pakaian ke dalam sisi sebelah kiri. Pastikan tidak ada satu pun pakaian yang luntur karena warnanya bisa bercampur antara satu dengan yang lain. Kemudian, Anda juga harus memisahkan pakaian yang mudah melar. Pakaian-pakaian yang mudah melar seperti sweater akan buruk hasilnya apabila dicuci menggunakan mesin. Cara mencuci seperti itu akan menghasilkan pakaian yang benar-benar melar dan sudah barang tentu tak indah lagi dipandang serta tak nyaman dipakai.
Sesuai isi teks prosedur di atas, pakaian yang mudah melar harus dipisahkan dengan yang baik karena . . . .

A.    kalau dijadikan satu tidak akan mencuci dengan baik
B.     kalau dijadikan satu bisa melar dan akhirnya menjadi rusak
C.     kalau dijadikan satu mudah rusak dan tidak bisa dipakai lagi
D.    kalau dijadikan satu warnanya bisa merusak pada pakaian yang lain
E.     kalau dijadikan satu bahan pembersihnya membutuhkan bahan khusus

Alasan :
            Jawaban yang tepat B. Karena di teks tersebut terdapat kata kunci “....akan buruk hasilnya apabila dicuci menggunakan mesin. Cara mencuci seperti itu akan menghasilkan pakaian yang benar-benar melar dan sudah barang tentu tak indah lagi dipandang serta tak nyaman dipakai.Berarti baju yang mudah melar akan lebih melar lagi, jika disatukan pakaian dengan yang lain dan membuat baju tersebut rusak serta tak nyamn dipakai.
3.           (1) Masukkan semua pakaian yang akan dicuci. (2) Beri air secukupnya pada sisi kiri tempat pakaian tadi dimasukkan. (3) Air secukupnya yang dimaksud adalah air tersebut telah menenggelamkan seluruh pakaian. (4) Setelah dirasa cukup, beri deterjen secukupnya dan putar tombol ke arah waktu 10 menit. (5)Nantinya turbin yang ada di dalam mesin cuci akan bergerak memutar. Turbin bekerja memutar dan menggerakan pakaian.
Konjungsi antarkalimat terdapat pada kalimat nomor . . . .

A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)


Alasan :
Konjungsi antarkalimat menghubungkan antara kalimat satu dengan yang lain.4) Setelah dirasa cukup, beri deterjen secukupnya dan putar tombol ke arah waktu 10 menit” Maka dari itu jawaban yang tepat adalah D.
4.           Buka penutup Sisi bagian kanan Ambil pakaian. Memasukkan pakaian ke sisi kanan tutup rapat, dan putar tombol yang ada di bagian atas pengering. Putar hingga ke angka 5 yang berarti prosesnya akan berjalan selama 5 menit. Lakukan proses ini satu kali saja, Kemudian jemur pakaian yang telah dikeringkan.
Langkah-langkah yang terdapat pada paragraf di atas dalam kegiatan mencuci termasuk tahapan . . . .

A.    Pencucian
B.     Pembilasan
C.     Penjemuran
D.    Pengeringan
E.     Perendaman


Alasan :
Jawaban yang tepat adalah D. Karena di teks diatas terdapat kata kunci “...putar tombol yang ada di bagian atas pengering
5.           (1)Komputer merupakan kumpulan seperangkat alat elektronik yang dihubungkan dengan listrik. (2) Alat ini berfungsi untuk meringankan atau membantu pekerjaan manusia. (3) Tujuan adanya alat tersebut agar manusia bisa bekerja secara lebih mudah, cepat, efisien, dan akurat. (4) Salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu cara menghidupkan computer. (5) Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar? Berikut langkah-langkahnya.
Kalimat interogatif dalam teks di atas terdapat pada nomor . . . .

A.    (1)
B.     (2)
C.     (3)
D.    (4)
E.     (5)

Alasan :
Jawaban yang tepat adalah E (5) Bagaimana cara menghidupkan komputer dengan benar?.  Kalimat interogatif adalah kalimat yang berisi kalimat tanya. dilihat dari asal bahasanya yaitu interogasi, dapat diartikan bahwa kalimat interogatif berfungsi untuk menanyakan suatu hal atau berita kepada orang lain. Kalimat interogatif paling sering menggunakan tanda tanya (?) pada setiap akhir kalimat
6.      Langkah-langkah menghidupkan komputer seperti berikut ini.
(1). Setelah proses booting selesai komputer siap digunakan.
(2). Tekan tombol power pada UPS dan stabilizer (jika ada).  Kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU. Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
(3). Pastikan semua komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk kegunaan arus listrik.
(4). Periksa keyboard, mouse dan monitor telah tersambung dengan port yang benar.
Urutan yang sesuai dengan menghidupkan komputer adalah . . . .

A.    (3), (4), (1), dan (2)
B.     (1), (2), (3), dan (4)
C.    (3), (4), (2), dan (1)
D.    (1), (2), (4), dan (3)
E.     (3), (1), (4), dan (2)

Alasan :
Jawaban yang tepat adalah C.
(3).  Pastikan semua komponen-komponen komputer telah tersambung dengan benar termasuk penggunaan arus listrik.
(4). Periksa keyboard, mouse dan monitor telah tersambung pada port yang benar 
(2). Tekan tombol power pada UPS dan stabilizer (jika ada), kemudian tekan tombol power pada monitor dan CPU, Tunggu proses booting berjalan sampai selesai.
(1) Setelah proses booting selesai akan tampil dekstop dan kursor pointing berbentuk anak panah menandakan proses booting sudah selesai dan komputer siap digunakan.
7.           (1) Buah manggis sekarang sedang naik daun sebab karena selain sebagai buah dapat dijadikan berbagai obat herbal. (2) Pohon manggis yakni merupakan tumbuhan tahunan dengan masa hidup puluhan tahun. (3) tubuh tanaman tersebut terdiri atas organ vegetatif dan generative. (4) Berikut ini yang termasuk organ vegetatif adalah akar, batang, daun. (5) sementara yang termasuk organ generatif adalah bunga, buah, biji.
Kalimat-kalimat  yang terdapat pada paragraf tersebut banyak yang belum efektif karena . . . .

A.    Kalimat ketiga seharusnya menggunakan kalimat kompleks
B.     Kalimat kedua menggunakan konjungsi penjelas dan konjungsi akibat
C.     Kalimat kelima merupakan kata adalah yang menunjukkan penjelas
D.    Kalimat pertama merupakan konjungsi urutan waktu secara bersamaan
E.     Sebelum rincian terakhir kalimat keempat seharusnya diberi tambahan kata dan

Alasan :
Jawaban yang tepat adalah E, karena pada kalimat ”... bunga, buah, biji.” Akan lebih tepat jika menggunakan kata hubung dan.
8.           (1) Pelangi merupakan suatu busur spektrum besar yang terjadi karena pembiasan cahaya matahari oleh butir-butir air. (2) Pelangi juga dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi berupa cahaya beraneka warna saling sejajar yang tampak di langit atau medium lainnya. (3)  Pelangi tampak sebagai busur cahaya dengan ujungnya mengarah pada Horizon pada suatu saat hujan dan ringan. (4) Pelangi juga dapat dilihat dari sekitar air terjun yang jelas.
Ditinjau dari isi dan strukturnya, Penggunaan istilah spektrum dan Horizon pada kutipan di atas tepat karena . . . .

A.    Istilah spektrum dan Horizon merupakan istilah yang tidak ambigu
B.     istilah spektrum dan Horizon sudah lazim digunakan dalam kalimat
C.     istilah spektrum dan Horizon terdapat pada kalimat pertama dan ketiga
D.    istilah spektrum dan Horizon sesuai dengan konteks dan kaidah kebahasaan
E.     istilah spektrum dan Horizon merupakan kata serapan yang banyak digunakan dalam teks eksplanasi

Alasan :
Hal ini dikarenakan spektum dan horizin telah sesuia dengan teks tersebut.

9.           Perlu diketahui bersama bahwa hujan asam untuk pertama kalinya ditemukan pada 1852 oleh seorang yang bernama Robert Angus Smith di kota Manchester.  Setelah berselang satu abad lamanya, tepatnya di tahun 1970-an, barulah ilmuwan banyak melakukan penelitian tentang hujan asam.
Kata yang bercetak tebal merupakan konjungsi eksternal yang menyatakan . . . .

A.    Waktu
B.     Sebab
C.     Akibat
D.    Penambahan
E.     Perbandingan

Alasan :
Karena Konjungsi eksternal adalah konjungsi yang menghubungkan dua peristiwa, deskripsi benda, atau kualitas di dalam klausa kompleks atau antara dua klausa simpleks.
Konjungsi eksternal mempunyai 4 kategori makna, yaitu:
1.      Penambahan (contoh: dan, atau),
2.      Perbandingan (contoh: tetapi, sementara),
3.      Waktu (contoh: setelah, sebelum, sejak, ketika),
4.      Sebab-akibat (contoh: sehingga, karena, sebab, jika, walaupun, meskipun).
Sehingga jawaban yang paling tepat adalah A.

10.  Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar, tapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat. Posisi  si pengamat harus berada diantara matahari dan terkesan air dengan matahari di belakang orang tersebut. Matahari, mata si pengamat dan pusat busur pelangi berada dalam satu garis lurus. Cahaya dengan panjang gelombang terpendek seperti ungu, terdapat di bagian kurva dan yang memiliki panjang gelombang terpanjang seperti merah terdapat pada bagian luar.
Teks di atas termasuk struktur teks eksplanasi bagian . . .

A.    Urutan sebab
B.     Urutan akibat
C.    Urutan peristiwa
D.    Pernyataan umum
E.     Pernyataan umum pendapat

        Alasan :
            Jawaban yang lebih tepat adalah C. Karena pada teks tertera mengungkapkan urutan peristiwa pengamat untuk melihat pelangi.
11.  Kalimat yang menggunakan verba yang menunjukkan adanya sebab akibat adalah . .
a.       Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membiaskan menyimpang jauh partikel.
b.      Cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya.
c.       Pelangi hanya dapat dilihat saat hujan bersamaan dengan matahari bersinar tetapi dari sisi yang berlawanan dengan si pengamat.
d.      Saat matahari terbenam, langit menjadi merah sebab sinar matahari melalui atmosfer yang jauh lebih tebal daripada ketika matahari berada tinggi di langit pada siang hari.
e.       Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan, kemudian dibelokkan menuju tengah tetes hujan sehingga memisahkan cahaya putih menjadi warna spektrum.
Alasan :
      Jawaban yang tepat adalah B. “Cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel terjadi karena pelangi merupakan hasil dari pembiasan cahaya. Pada kalimat tersebut menunjukkan sebab-akibat. Dengan sebab “Cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel...” Sehingga terjadi “...pembiasan cahaya.

12.  (1) Gelombang tsunami akan mengempas apa yang ada di hadapannya dan menghasilkan banjir besar seperti yang telah terjadi di Aceh beberapa waktu lalu. (2) Kecepatan gelombang tsunami lebih besar dibandingkan gelombang yang normal serta kelajuan gelombang tersebut sekitar 700 km per jam, hampir setara dengan kelajuan pesawat terbang. (3) Dengan kelajuan inilah tsunami dapat menimbulkan kerusakan yang besar di daratan. (4) Ombak tsunami tersebut setinggi 50 atau 100 meter dan menyebar ke setiap arah. (5) Gempa bumi yang terjadi di dasar laut pada pantai tersebut akan berpotensi menciptakan tsunami.
Kalimat simpleks terdapat pada nomor . . .

a.       (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.       (5)

Alasan :
 Jawaban yang tepat adalah E. Kalimat simpleks merupakan kalimat yang terdiri dari 1 verba (kata kerja) utama atau 1 predikat. Kalimat simpleks hanya mempunyai 1 aksi, tindakan atau peristiwa saja. Kalimat simpleks ini biasanya berpola S P atau S P O atau S P O K.
13.  Pelangi dan efek cahaya lain di langit disebabkan oleh cahaya yang membias dan menyimpang menjauhi partikel. Saat matahari terbenam, langit menjadi merah karena sinar matahari lewat melalui atmosfer yang menjauh lebih tebal daripada ketika matahari berada di tinggi di langit pada siang hari. Pada mulanya cahaya matahari melewati sebuah tetes hujan.
Verba yang menyatakan hubungan sebab pada kutipan paragraf di atas adalah . . .

a.       Menjauh
b.      Membias
c.       Disebabkan
d.      Menympang
e.       Menyimpang

Alasan :
            Jawaban yang tepat adalah C. Karena verba yang menyatakan hubungan sebab adalah ‘disebabkan’ pada teks tersebut mengacu pada penyebab cahaya yang membias.


Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 14 dan 15!
(1) Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. (2) Padahal, DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel sehingga dapat berfungsi secara normal. (3) Jika DNA suatu sel rusak, sel tersebut dapat terus tumbuh dan besar kemungkinan sel tersebut akan mengarah pada sel kanker suatu hari nanti. (4) Namun, beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia dapat diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan) mampu menghambat proses kerusakan DNA. (5) Zat tersebut dapat menetralkan zat karsinogenetik atau mutagenik serta dapat menyebabkan pengeluaran zat karsinogenetik dari dalam tubuh, contohnya isothiocynates yang terdapat dalam sayuran dapat mengurangi kerusakan yang diakibatkan oleh bahan karsinogen.
14.  Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada nomor . . .

a.      (1)
b.      (2)
c.       (3)
d.      (4)
e.       (5)


Alasan :
Kalimat utama adalah kalimat  (1) Radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi dapat menyebabkan kerusakan  pada DNA.
Kalimat berikutnya menjelaskan kalimat nomor (1) ini.
Kalimat (2) menjelaskan bahwa DNA penting (tidak boleh rusak) dan fungsinya.
Kalimat (3) menjelaskan akibat dari rusaknya DNA suatu sel.
Kalimat (4) dan (5) menjelaskan bahan yang dapat menghambat kerusakan DNA


15.  Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi teks di atas adalah . . .
a.      DNA yang sangat penting bagi tubuh dapat dirusak oleh beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi, tetapi dapat dihambat dengan fitokimia.
b.      Beberapa bahan fitokimia mampu menghambat proses perusakan DNA.
c.       Sel kanker disebabkan oleh radikal bebas, beberapa jenis virus, bahan kimia dalam makanan, dan radiasi.
d.      DNA adalah bagian penting dari sel tubuh karena berfungsi mengatur kinerja sel, tetapi dapat dirusak oleh zat karsinogenetik atau mutagenik.
e.       Isothiocynates yang terdapat dalam sayuran dapat meningkatkan radikal bebas dan bahan kimia dalam makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Alasan :
Karena hanya pilihan A, yang sesuai dengan paragraf diatas “...(3) Jika DNA suatu sel rusak, sel tersebut dapat terus tumbuh dan besar kemungkinan sel tersebut akan mengarah pada sel kanker suatu hari nanti. (4) Namun, beberapa bahan fitokimia (bahan-bahan kimia dapat diproduksi oleh tumbuh-tumbuhan) mampu menghambat proses kerusakan DNA...”

16.  Bacalah teks berikut!
Bapak dan ibu yang saya hormati,
(1)Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. (2) Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik. (3) Protein dan lemak susu memiliki sifat mudah dicerna. (4) Kandungan vitamin dan mineral susu yang juga relatif lengkap. (5) Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan, seperti susu bubuk dan susu kental manis. (6) Manusia juga mengonsumsi susu dari produk pangan yang mengandung susu seperti keju, es krim, dan yoghurt.
Opini yang tepat pada teks di atas adalah . . . .

A.    Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi.
B.     Susu dapat dikonsumsi dalam bentuk es krim
C.     Protein dan lemak susu memiliki sifat dicerna
D.    Susu dapat dikonsumsi dalam bentuk yoghurt
E.     Susu dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan


Alasan :
     Jawaban yang tepat adalah E. opini adalah pendapat, ide atau pikiran untuk menjelaskan kecenderungan atau preferensi tertentu terhadap perspektif dan ideologi akan tetapi bersifat tidak objektif karena belum mendapatkan pemastian atau pengujian. Pada pilihan E, tidak semua susu dapat diolah dengan berbagai bentuk.

17.  Kalimat yang tidak mengandung konjungsi koordinatif pada teks nomor 16 terletak pada kalimat . . . .

A.    (1) dan (2)
B.     (2) dan (3)
C.     (3) dan (4)
D.    (4) dan (5)
E.     (5) dan (6)


Alasan :
Kata hubung koordinatif adalah kata penghubung yang menghubungkan 2 kalimat atau lebih dalam suatu paragraf yang mempunyai kedudukan setara. Maka kalimat yang tidak mengandung konjungsi koordinat adalah (1) dan (2) “(1)Manfaat susu sudah tidak diragukan lagi. (2) Hampir semua zat gizi yang terdapat dalam susu bermutu baik.”
18.  Bacalah teks ceramah berikut!
Assalamualaikum wr.wb.
Puji dan syukur tak henti kita panjatkan kepada Allah SWT yang tiada henti memberikan nikmat berkah dan hidayah-nya kepada kita semua. Nikmat kesehatan dan kesempatan dari Allah pula sehingga hari ini kita dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat walafiat.
Struktur teks ceramah di atas terdapat pada bagian . . . .

A.    Isi
B.     Penutup
C.     Harapan
D.    Simpulan
E.     Pembukaan


Alasan :
Jawaban yang tepat adalah E. Pembukaan. Karena pada teks tersebut berisi salam pembuka, sapaan, menanyakan keadaan, ucapan syukur.
Teks cerpen berikut untuk soal nomor 19 dan 20.
Biasanya sesudah aku memakainya, aku tidak pernah lupa menyimpannya dalam lemari. Dan aku tidak pernah lupa mengalungkan yang imitasi setiap bepergian. Aku selalu bawa kemanapun ku pergi. Dia tersimpan dalam tas tangan ini. Di dalam tas tangan ini aku menyimpannya. Aduh. Nanti malam sahabat-sahabat suamiku akan datang pada pertemuan khusus mereka di rumah. Aku hendak pergi belanja untuk itu.”
            “Tenang Nyonya. Jangan telanjur putus asa Nyonya. Siapa tahu Nyonya telah menukarnya. Saya yakin Nyonya sudah menukarnya!”
            “Saya simpan kalung imitasi itu di dalam tas tangan ini.”
            Dia buka tas tangannya dengan gemetar. Dia raba isinya. Dia keluarkan kalung imitasi dengan leontin menirukan serangga laba-laba itu.
            “Saya benar-benar telah lupa menukarnya!” Dia angkat kalung imitasi itu pada jari-jarinya. “Lihatlah! Saya memang lupa menukarnya! Ada dua kalung yang sama seperti ini. Yang asli dan yang palsu!” Dia mulai menangis. 

19.  Masalah yang diangkat dari teks cerpen di atas adalah . . . .  

A.    Kalung imitasi dipakai oleh tokoh Nyonya
B.     Tokoh “Nyonya akan mengadakan pertemuan
C.    Tertukarnya kalung asli dan imitasi
D.    Kalung imitasi di dalam tas tangan
E.     Tokoh Nyonya menangis


Alasan :
           Jawaban yang tepat adalah C. Karena di teks tersebut tokoh “Nyonya” memiliki masalah pada kalung yang tertukar.



20.  Penyebab terjadinya masalah sesuai dengan kutipan teks cerpen diatas adalah . . . .

A.    tidak mengetahui perbedaan kalung asli dan imitasi
B.     tidak terbawanya kalung asli
C.    kecerobohan tokoh “Nyonya yang tidak mengecek kalung yang dipakai
D.     kekeliruan tokoh “Nyonya memakai kalung imitasi
E.     Sikap tergesa-gesa tokoh “Nyonya” saat memakai kalung


Alasan :
                 Jawaban yang tepat adalah C. Karena Tokoh “Nyonya” yang ceroboh menjadi penyebab dari masalah yang dihadapi.

Komentar

Postingan Populer