PROPOSAL PENELITIAN MINAT BACA MELALUI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT


PROPOSAL PENELITIAN
MINAT BACA MELALUI PERPUSTAKAAN DAERAH PROVINSI KALIMANTAN BARAT

Hasil gambar untuk logo sma 3 pontianakLambang_SMANTA.jpg


Nama anggota :
1.  Agung Mulyana
2.  Cindy Cahyani Wulandari
3.  Erika Noviana Dewi
4.  Katrin Michelle
5.  Putri Rizky Natalie



SMA NEGERI 03 PONTIANAK

KATA PENGANTAR

            Puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan kesehatan lahir dan batin kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan tugas yang berjudul “Minat Baca Melalui Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat ” ini dengan baik dan tepat waktu.
Terima kasih kepada ibu Wawan Abriyanti M.Pd  selaku guru bahasa Indonesia, yang telah menuntun dan membimbing kami dalam menyusun proposal penelitian ini dengan materi-materi yang telah di sampaikan dan semoga dapat memberi manfaat kepada pembacanya. Amin. Ucapan terima kasih juga kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam menyusun makalah ini.




Pontianak, 04 Februari 2018


Penyusun


ABSTRAK

            Penelitian ini berjudul  “Minat Baca Melalui Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah peminat baca buku di perpustakaan daerah Provinsi Kalimantan Barat serta mengetahui faktor yang menyebabkan penurunan minat baca tersebut. Penelitian ini dilakukan di perpustakaan daerah Provinsi Kalimantan Barat dengan melakukan membagikan kuesioner kepada beberapa pengunjung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, hal ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan  minat baca buku serta faktor yang menyebabkan penurunan minat baca.


Kata kunci : Minat membaca, perpustakaan, faktor penurunan.


DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...........................................................................................    i
ABSTRAK.............................................................................................................    ii
DAFTAR ISI..........................................................................................................    iii
BAB I  PENDAHULUAN.....................................................................................   1
1.1   Latar Belakang Masalah.........................................................................    1
1.2   Rumusan Masalah..................................................................................    1
1.3   Tujuan Penelitian....................................................................................    2
1.4   Manfaat penelitian..................................................................................    2
1.5 Hipotesis..................................................................................................... 2
BAB II  KAJIAN TEORI......................................................................................    3
            2.1  Pengertian Membaca..........................................................................   3
            2.2  Pentingnya Miinat Baca.....................................................................    3
            2.3  Manfaat Membaca..............................................................................    4
            2.4  Faktor Menurunnya Minat Baca..............................................................4
BAB III  METODOLOGI........................................................................  6
            3.1  Jenis Penelitian......................................................................   6
            3.2  Teknik Pengumpulan Data ....................................................   6
            3.3 Waktu dan Tempat.......................................................................7
3.4 Hasil Penelitian...........................................................................7
3.5 Pengujian Hipotesis....................................................................7
BAB IV  PENUTUP.................................................................................... 8
          4.1  Kesimpulan...................................................................................  8
          4.2  Saran.................................................................................................8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................... 10

BAB I
PENDAHULUAN

1.1        LATAR BELAKANG
Dalam kemajuan era global yang ditandai kemajuan teknologi memberi dampak tertentu terhadap masyarakat Indonesia. Seperti halnya minat membaca yang menurun karena menjadi salah satu yang terkena dampak dengan adanya teknologi yang berkembang.
Membaca adalah suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Membaca melibatkan pengenalan simbol-simbol yang menyusun sebuah bahasa.
Buku adalah kumpulan kertas atau bahan lainnya yang dijilid menjadi satu pada salah satu ujungnya dan berisi tulisan atau gambar.
Membaca buku adalah menelusuri dan memahami isi bacaan yang ada didalam buku. Membaca buku itu sangat penting, karena buku itu adalah jendela dunia dan gudangnya ilmu. Manfaat dari membaca itu sangat banyak, diantaranya dapat menambah wawasan, memperkaya khasanah kosa kata, memperluas ilmu pengetahuan, membantu mengembangkan pemikiran dan menjernihkan cara berpikir serta dapat menyalurkan hobi membaca.
Mengingat pentingnya peranan membaca tersebut bagi perkembangan siswa, maka orang tua maupun guru perlu memacu anak didik untuk membaca. Sehubungan dengan hal tersebut perlu adanya bimbingan khusus. Salah satu caranya adalah dengan membuat perpustakaan menjadi tempat yang nyaman serta dengan menambahkan buku-buku yang menarik agar siswa-siswi tidak merasa bosan dengan buku-buku yang ada diperpustakaan.

1.2        RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dapat diidentifikasikan masalah-masalah sebagai berikut:
1.      Apakah pentingnya minat baca?
2.      Apakah manfaat dari membaca?
3.      Apakah faktor yang menyebabkan menurunnya minat baca?



1.3        TUJUAN PENELITIAN
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka dapat diidentifikasi tujuan penilitian sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pentingnya minat baca?
2.      Untuk mengetahui tujuan dan manfaat dari membaca?
3.      Untuk mengetahui faktor yang menyebabkan menurunnya minat baca?

1.4        MANFAAT PENELITIAN
Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penelitian ini sebai berikut:
1.      Bagi masyarakat
Penelitian ini bermanfaat agar masyarakat tidak terbuai dengan teknologi yang makin berkembang.
2.      Bagi peserta didik
Penelitian ini bermanfaat agar peserta didik sadar pentingnya membaca.
3.      Bagi orang tua
Penelitian ini bermanfaat agar orang tua dapat membudayakan minat membaca dari kecil.
1.5        Hipotesis
            Adapun hipotesis dalam penelitian ini adalah menurunnya minat baca dikarenakan gadget atau teknologi yang berkembang
.



BAB II
KAJIAN TEORI

2.1        PENGERTIAN MEMBACA
Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang bersifat aktif reseptif. Media yang digunakan dalam membaca berupa media bahasa tulis. Membaca memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi kalangan pelajar.
Minat sering diartikan sebagai “interest”. Minat bisa dikelompokkan sebagai sikap (attitude) yang memiliki kecenderungan tertentu. Minat tidak bisa dikelompokkan sebagai pembawaan, tetapi sifatnya bisa diusahakan, dipelajari, dan dikembangkan.Sementara itu, minat baca merupakan dorongan yang kuat pada seseorang untuk membaca yang ditandai dengan menunjukkan ketertarikan pada berbagai lambang dan simbol.
Minat membaca pada anak sangat beragam, ada yang tidak suka dan tidak peduli, ada pula yang sangat tertarik untuk membaca yang ditandai dengan tertarik dengan media cetak, menikmati saat menyimak sebuah cerita, mampu bercerita dengan baik, suka melihat-lihat gambar di buku, mampu menceritakan sesuatu dari gambar, dan meminjam buku dari sekolah untuk dibawa pulang.

2.2       PENTINGNYA MINAT BACA
Membaca bagi kebanyakan orang pada zaman sekarang ini merupakan kegiatan yang membosankan. Padahal, ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari membaca. Tidak sekadar menguatkan sisi intelektual, membaca juga dapat mengasah sisi afektif dan nurani pelajar. Kedewasaan berpikir dan bertindak salah satunya terbentuk dari kebiasaan membaca. Membaca juga merupakan sarana hiburan, terutama jika kita membaca topik-topik yang kita sukai, sehingga dapat melatih daya kreativitas dan imajinasi kita. Dan secara tidak langsung, membaca juga dapat menambah kosakata kita. Bahkan, menurut para peneliti, membaca buku atau majalah dapat menunda atau mencegah kehilangan memori karena sel-sel otak dapat terhubung dan tumbuh. Dengan kata lain, membaca dapat meningkatkan memori otak dan mencegah penyakit Alzheimer.
Membaca bukanlah kebiasaan yang biasa, tetapi hal biasa yang harus dibiasakan. Harry Truman mengatakan, “Not every reader is a leader, but a leader must be a reader.” Tidak setiap kutu buku adalah pemimpin, namun setiap pemimpin haruslah kutu buku. Jadi, apa jadinya negeri kita ini jika pemimpinnya tidak menjadikan membaca sebagai rutinitas sehari-hari. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, kita harus belajar mencintai membaca karena membaca adalah hal yang sangat penting untuk masa depan kita dan bangsa kita. Seperti yang dikatakan oleh Milan Kudera, “Jika ingin menghancurkan sebuah bangsa dan peradaban, hancurkan buku-bukunya, maka pastilah bangsa itu akan musnah.” Maka dari itu, untuk menjauhkan bangsa kita dari kemusnahan, mari kita ciptakan generasi penerus bangsa yang cerdas dan berpikiran maju!

2.3       MANFAAT MEMBACA
1.      Memenuhi kepentingan hidup, dengan membaca siswa akan memperoleh pengetahuan praktisyang berguna dalam kehidupan mereka sehari-hari.

2.      Meningkatkan minat siswa terhadap suatu bidang

3.      Mengetahui hal-hal yang aktual, dengan membaca siswa dapat mengetahui peristiwa-peristiwayang terjadi di lingkungan sekitar maupun di seluruh dunia yang mungkin berhubungan materi pelajaran, sehingga siswa dapat menerapkan dengan kehidupan nyata (Supriyono, 1998).

2.4       FAKTOR MENURUNNYA MINAT BACA
Faktor penyebab rendahnya semangat dan motivasi untuk membaca, yaitu berikut ini;
1. Lingkungan keluarga
Mustahil seorang anak tumbuh dengan kebiasaan membaca bila kondisi di rumah atau lingkungan keluarga tak pernah membiasakan budaya membaca bagi anggota keluarga. Inilah sebabnya sedini mungkin sangat penting untuk membiasakan buah hati kita untuk membaca agar karakter ini tertanam hingga mereka dewasa kelak. Padahal membaca bisa menjadi salah satu bentuk rekreasi yang menyenangkan dan bisa membuat kita menjadi lebih santai.
2. Lingkungan masyarakat
Dapat dikatakan bahwa hingga saat ini lingkungan sekitar masih sering memandang ganjil orang yang menghabiskan waktu dengan membaca misalnya sambil mengantri, saat berada di kereta, atau sekedar duduk di taman kota sambil membaca. Tak hanya dipandang dengan aneh, kadang ada pula yang meremehkan atau mengatakan hal-hal yang negatif sehingga yang bersangkutan merasa malu. Padahal orang-orang yang membaca di area publik seperti ini umum ditemui di negara-negara lain.
3. Perkembangan teknologi yang kian canggih
Kemajuan pesat teknologi selain membawa dampak positif dengan memudahkan pekerjaan manusia ternyata juga bisa membawa dampak negatif bila tak digunakan, diawasi, dan dikendalikan dengan baik. Pengguna terbesar produk-produk berteknologi tinggi adalah para pemuda dan sayangnya mereka lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget-gadget canggih tersebut daripada membaca.
4. Di sekolah siswa kurang dirangsang untuk membaca dalam mencari informasi
Sistem pendidikan yang diterapkan di sekolah-sekolah ternyata juga mempunyai dampak terhadap Minat baca. Pada umumnya proses belajar mengajar di tanah air menggunakan model penjelasan dan sangat minim mengarahkan siswa untuk mendapatkan informasi dengan membaca buku. Inilah sebabnya siswa menjadi pasif dan hanya menerima saja tanpa berusaha sendiri untuk mencari tahu lebih banyak. Kondisi ini telah dikoreksi pada kurikulum yang baru tetapi tentu dibutuhkan waktu untuk mendapatkan hasil sebagaimana yang diharapkan.
5. Kurang motivasi
Masih banyak orang yang menganggap membaca adalah hal yang tak terlalu penting sehingga kurang mempunyai kesadaran serta motivasi untuk rajin membaca. Intinya harus ditanamkan dalam diri bahwa membaca adalah salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas diri sehingga tercipta motivasi untuk menggiatkan diri dalam membaca buku.
6. Sarana yang minim
Kurangnya Minat baca pada remaja dan anak bisa juga karena tak ada atau kurangnya sarana untuk kegiatan tersebut. Di rumah orangtua mungkin kurang menyediakan buku-buku bacaan berkualitas sehingga anak tak diperkenalkan dengan kegiatan membaca. Sementara itu kondisi perpustakaan juga kadang masih lemah 
.


BAB III
METODOLOGI

3.1              JENIS PENELITIAN
Berdasarkan permasalahan yang telah ditetapkan, maka penelitian yang tepat untuk digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian diskriptif adalah penelitian yang memberikan gambaran tentang suatu permasalahan.
Metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang minat pengunjung untuk membaca di perpustakaan daerah Provinsi Kalimantan Barat.  Adapun langkah-langkah dalam pengambilan data kuesioner yaitu:
1. Tahap persiapan
Peneliti meminta izin kepada pengurus perpustakaan.
2. Tahap pelaksanaan meliputi:
a. Menyebarkan angket secara random pengujung perpustakaan.
b. Setelah pengisian angket, maka peneliti memeriksa jumlah kuesioner dan memeriksa kelengkapan jawaban responden.
3. Tahap pelaporan
Hasil penelitian dilaporkan dalam bentuk proposal penelitian deskriptif.

3.2       TEKNIK PENGUMPULAN DATA
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan penyebaran kuesioner kepada 20 orang pengunjung perpustakaan daerah Provinsi Kalimantan Barat serta melakukan wawancara singkat pada 20 orang tersebut.
Kuesioner menurut Arikunto (2002) adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dalam arti laporan tentang pribadinya atau hal-hal yang ia ketahui”. Kuesioner dalam penelitian ini menggunakan skala pengukuran yang disebut likert.

3.3              TARGET PENELITIAN
Target penelitian ini adalah pengunjung perpustakaan



3.4           WAKTU DAN TEMPAT PENELITIAN

Waktu       :           Rabu, 31 Januari 2018
Tempat      :           Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat

3.5      HASIL PENELITIAN
            Pada hari Rabu , 31 Januari 2018 kami mengadakan penelitian di Perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat yang berada di kota Pontianak. Dari hasil kuesioner yang kita peroleh hanya 5 dari 20 orang yang mengunjungi perpustakaan lebih dari 4 kali dalam seminggu serta 8 dari 20 orang yang memiliki minat besar dalam membaca dan 16 dari 20 orang senang dengan fasilitas serta dapat membantu tugas-tugas pengunjung.
            Menurut beberapa narasumber pengaruh terbesar dalam menurunnya minat baca adalah teknologi yang semakin berkembang dan salah satunya adalah gadget atau smartphone dan sebagian kecilnya menganggap gadget tidak berpengaruh dengan minat membaca.
           
3.6 PENGUJIAN HIPOTESIS
            Pengujian tersebut adalah benar, yaitu minat baca masyarakat menurun dikarenakan gadget.


BAB III
PENUTUP
4.1  Kesimpulan
Membaca merupakan salah satu aspek keterampilan berbahasa yang bersifat aktif reseptif. Sementara itu, minat baca merupakan dorongan yang kuat pada seseorang untuk membaca yang ditandai dengan menunjukkan ketertarikan pada berbagai lambang dan simbol.
Minat baca pada setiap anak berbeda-beda, ada yang enggan membaca, ada yang tertarik membaca karena buku yang akan dibaca banyak gambar-gambar yang unik, atau membaca karena terpaksa jika ada tugas atau ulangan saja.Untuk mengatasi dan menumbuhkan minat baca siswa, maka harus ada motivasi dari diri siswa sendiri (motivasi internal) dan motivasi dari luar (motivasi eksternal). Kedua motivasi tersebut haruslah seimbang dan saling mendukung satu sama lain. Agar minat siswa dalam membaca semakin tinggi.

4.2 Saran
Selain motivasi yang bersumber dari dalam dan luar siswa. Adapun peran yang tak kalah penting dalam usaha menumbuhkan minat baca siswa, yakni peran perpustakan .
Perpustakaan yang ideal dan baik harusnya mempunyai program dan tujuan yang terencana dan jelas. Hal tersebut perlu dilakukan agar menarik minat siswa untuk berkunjung ke perpustakaan untuk membaca-baca buku.
Adapun program atau kegiatan yang perlu dilakukan oleh perpustakaan, di antaranya;
a)      memilih bahan bacaan yang menarik bagi pengguna perpustakaan.
b)      pemberian tugas membaca,
c)      melakukan berbagai kegiatan seperti lomba minat dan kegemaran membaca,
d)     penyelenggaraan program membaca.
Ada juga Beberapa strategi yang dapat diterapkan untuk menumbuhkan minat baca anak sejak usia ini antara lain dilakukan dengan cara : 
1. Proses pembelajaran di sekolah harus dapat mengarahkan kepada peserta didik untuk rajin membaca buku dengan memanfaatkan literatur yang ada di perpustakaan atau sumber belajar lainnya.
2.  Menekan harga buku bacaan maupun buku pelajaran agar terjangkau oleh daya beli masyarakat.
3. Buku bacaan dikemas dengan gambar-gambar yang menarik. 
4.  Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya minat baca anak-anak
.
5.  Menumbuhkan minat baca sejak dini.
6.   Meningkatkan frekuensi pameran buku di setiap kota/kabupaten
7.  Di rumah orang tua memberikan contoh membaca untuk anak-anaknya.



BAB IV
DAFTAR PUSTAKA

         ·            Wawancara dengan beberapa pengunjung perpustakaan Daerah Provinsi Kalimantan Barat
         ·            https://bimba-aiueo.com/penyebab-rendahnya-minat-baca/


Komentar

Postingan Populer