CONTOH teks ceramah - Agama Islam


Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Bismillahirohmannirohim, alhamdulillahirobbil ‘alamin, assolatu wassalamu alla ashrofil an biya’i wal mursalin wa alla alihi wa sobh’i rosulillahi ‘ajmain, amma-ba’du.
Segala puji kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmatnya yang telah diberikan kepada kita semua. Nikmat sehat, nikmat taufik hidayah inayah, dan nikmat yang paling besar adalah nikmat Iman & Islam. Shalawat serta salam tak lupa kita sanjungkan keharibaan nabi besar Muhammad SAW.
Pada kesempatan 5 menit ini, saya akan sedikit ceramah yang berjudul “Tenang saja ada Allah” . Orang gak akan kecewa, jika bersandar kepada Allah. Itu ga bakalan, bisa dibilang mustahil. Mustahil, seseorang itu kecewa gara-gara bersandar, berpegang,  menyerahkan dirinya kepada Allah itu mustahil bukan seperti itu sunnatullah. karena siapapun yang Berserah diri kepada Allah, maka dia telah berpegang kepada tali yang paling kokoh.

۞ وَمَنْ يُسْلِمْ وَجْهَهُ إِلَى اللَّهِ وَهُوَ مُحْسِنٌ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ ۗ وَإِلَى اللَّهِ عَاقِبَةُ الْأُمُورِ
Wa man yuslim wajhahuu ilallahi wa huwa muhsinun faqadiistamsaka bil 'urwatil wutsqaa wa ilallahi 'aaqibatul umuur(i)

Dan barangsiapa yang menyerahkan dirinya kepada Allah, sedang dia orang yang berbuat kebaikan, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang kokoh. Dan hanya kepada Allah-lah kesudahan segala urusan.” (QS. Luqman ayat 22)

Jadi, tidak ada orang yang akan kecewa kalau dia berpegang kepada Allah. Masalah apapun. Masalah rezeki, masalah jodoh. Terutama yang kedua. Apabila kita bergantung kepada Allah dalam urusan jodoh, maka insyallah kita tidak akan kecewa. Mak comblang yang paling baik itu adalah Allah. Kalau mak comblangnya Ustadz kadang-kadang ngecewain.
“Ustadz ini cv saya”
“Oiya, kriteria yang kamu cari seperti apa”
“Saya mah yang standar-standar aja, ustadz”
“Yang standar gimana”
“yang tingginya 180cm, kulitnya bening kalau dia minum, kelihatan airnya ngalir, transparan. Hidung nya seperti pedang, matanya seperti bidadari. Nah ini kriterianya”
Terus kata ustadznya, “ah kalau yang gitu, ustadz juga mau”
Akhirnya pas ketemu, ustaznya duluan ta’arufan, ini kalau mak comblangnya manusia.
Tapi kalau mak comblangnya Allah. Jauh lebih meyakinkan dan gak akan kecewa. Dan kalau Allah menjanjikan yang baik akan ketemu dengan baik. Allah, tidak akan pernah mengikari janjinya.
Masalah apapun, kita harus mengandalkan Allah. Coba deh selalu andalin Allah. Bahasa gampangnya gini “Dah, tenang aja ada Allah”  gitu
Dan kalau kita sudah melibatkan Allah. Allah gak bakal ngecewain kamu. Salah satu kalimat “ Udah, tenang aja ada Allah” adalaha La tahzan inaallaha maana.
Kalau kita ada teman lagi galau gitu, terus kita bilang “Eh, La tahzan inallaha maana” kalau bahasa kita “ tenang bro, ada Allah”
Andalkan Allah dalam masalah kita, ada masalah apapun harus selalu andalin Allah.
Bismillah.
Laa hawla wa laa quwwata illa billah
Bahkan kadang-kadang dengan hanya berdzikir laa hawla wa laa quwwata illa billah.Allah kasi kita keajaiban yang luar biasa, karena setelah seseorang bersandar dengan allah. Allah tidak akan ngecewain.
Oleh karena itu, teman. Mulai sekarang selalu andalin Allah, karena Allah SWT tidak akan ngecewain kita.
Demikian saya akhiri, kurang lebihnya mohon maaf. Kesempurnaan milik Allah, kesalahan milik saya. Wabilahi taufik wal hidayah, wa ridho wal inayah, wasalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Komentar

Postingan Populer